Gambar Rumah Adat Jawa Timur dan Penjelasannya ~ Rumah Adat Ku

Gambar Rumah Adat Jawa Timur dan Penjelasannya

Adat dan kebudayaan Indonesia memang sangat beragam, dari mulai seni budaya, bahasa, sampai dengan rumah-rumah adat yang unik dapat kita temui di negeri tercinta kita, Indonesia. Sebelumnya saya sudah pernah memposting artikel mengenai rumah adat jawa barat atau rumah adat suku sunda. Maka kali ini masih berada di pulau jawa, kita akan sama-sama mengenal rumah adat jawa timur yang bernama joglo.

Rumah adat Jawa Timur (Joglo) masih banyak ditemui di daerah ponorogo. Rumah adat joglo umumnya berbentuk limasan (dara gepak) yang memiliki dua ruangan, yaitu :
  1. Pendopo; Ruang depan yang digunakan untuk menerima tamu, balai pertemuan, dan upacara-upacara adat.
  2. Ruang belakang yang digunakan untuk kamar tidur dan dapur
Sedangkan ruang utama rumah adat jawa timur ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :
  1. Kamar Kiri (sentong kiwo)
  2. Kamar Tengah (sentong tengan)
  3. Kamar Kanan (sentong tangen)
rumah adat jawa timur


Sebelum memasuki ruangan utama rumah adat jawa timur biasanya terdapat pintu yang memiliki sebuah hiasan yang dikenal dengan sebutan makara atau sulur gelung. Menurut kepercayaan adat jawa timur, hiasan tersebut dimaksudkan untuk menolak hal-hal jahat di dalam rumah tersebut.

Selain hal tersebut diatas, ada lagi yang unik dalam rumah adat jawa timur, yaitu ruang tidur tengah yang merupakan ruang sakral bagi masyarakat jawa timur. Dalam kamar ini terdapat katil atau kasur yang dilengkapi dengan guling, cermin, dan sisir yang dibuat dari tanduk. Kamar tengah dalam rumah adat ini selalu di terangi oleh lampu, baik itu malam ataupun siang hari. Hal tersebut berfungsi sebagai pelita, dan ukiran-ukiran dalam rumah adat jawa tidur bermaksud sebagai pendidikan rohani.

Pada bagian kiri rumah (barat), terdapat tempat tidur orang tua yang disebut dempil. Ruangan ini dihubungkan langsung dengan ruang belakang (pasepen) yang biasanya digunakan sebagai tempat melakukan kerajinan. Sedangkan dibagian sebelah kanan, terdapat dapur (tempat memasak), pendaringan dan gudang (tempat menyimpan peralatan tani).

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Unknown
admin
November 13, 2015 at 9:59 PM ×

Bedanya rumah adat indonesia Jawa Timur, Jawa Barat sama Jawa Tengah apa?

Reply
avatar
Dea
admin
December 8, 2015 at 8:14 AM ×

Penjelasannya mengenai rumah adat jawa timur lengkap sekali, nice info gan :)

Reply
avatar
Unknown
admin
September 1, 2016 at 8:32 AM ×

Terima Kasih Blogger Bob Ambao :)

Reply
avatar
Thanks for your comment